Cotton Wool Container On White Background
Kelebihan cotton combed adalah lebih lembut dan lebih kuat. Foto oleh Keerati / FreeDigitalPhotos.net

Kelebihan cotton combed dibanding katun biasa sebagai bahan kaos adalah lebih lembut dan lebih kuat. Cotton combed (katun yang disisir) adalah jenis katun yang sangat lembut yang dibuat dengan cara mengolah katun ini secara khusus sebelum digulung menjadi benang. Secara umum, cotton combed sedikit lebih mahal dibanding katun biasa. Bahan yang sangat lembut tapi kuat adalah bahan yang ideal untuk membuat kaos karena bahan tersebut akan bersentuhan dengan kulit. Jika bahan yang digunakan dalam suatu produk katun adalah cotton combed, maka hal tersebut akan dinyatakan dengan jelas.

Dalam pembuatan benang katun konvensional, katun akan dipanen, dibersihkan untuk membuang kotoran dan benih tanaman, dan kemudian disisir. Penyisiran akan memisahkan dan meluruskan serat di katun tersebut, sehingga arahnya sama semua. Katun kemudian dibagi menjadi beberapa bagian, dibentuk dalam gumpalan katun yang kemudian digulung menjadi benang atau wol. Saat katun disisir, maka digunakan sisir halus untuk menarik kotoran yang tersisa, bersama dengan serat katun yang pendek. Sekitar 15% dari volume keseluruhan dibuang, menyisakan katun yang panjang dan lurus yang panjangnya sama dan sejajar. Katun yang sudah menjadi cotton combed ini kemudian digulung menjadi benang.

Kelebihan cotton combed adalah lebih lembut karena tidak ada benang pendek yang menonjol dan menusuk kulit, dan semua kotoran telah dibuang dari benang tersebut. Kelebihan cotton combed yang lain adalah lebih kuat, karena serat yang lebih pendek dan mudah patah telah dibuang melalui proses penyisiran. Selain itu, serat yang lurus posisinya lebih rapat setelah penyisiran, membuat cotton combed lebih sulit untuk terurai dan lepas. Karena dalam proses penyisiran ada bahan yang dibuang dan ada langkah tambahan yang harus diambil, maka cotton combed sedikit lebih mahal dibanding katun biasa.

Banyak perusahaan lebih suka menggunakan cotton combed untuk kaos karena lembut dan kuat. Katun yang tidak mengalami proses penyisiran cenderung lebih kasar dan lebih mudah terurai dan sobek. Cotton combed tentu saja akhirnya akan rusak seperti katun biasa. Cotton combed adalah pilihan yang tepat untuk kaos bayi dan manula karena lembut di kulit.

Cara merawat cotton combed kurang lebih sama seperti katun biasa. Secara umum, cotton combed  bisa dicuci dan dikeringkan pada suhu apapun. Tetapi cotton combed yang dicelup di pewarna pakaian akan luntur jika dicuci di suhu tinggi dan rajutan bisa menyusut. Penggunaan air bersuhu dingin dan sabun cuci yang lembut akan memperpanjang umur kaos. Label cara perawatan di suatu produk kaos harus selalu diikuti, karena bisa saja bahan katun dicampur dengan serat yang lain atau telah melalui suatu proses khusus.[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

Belum ada komentar, berikan komentarmu di bawah ini!


Tambah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *